Bukan Sekadar Bunga Tidur, Ini Dia Arti Mimpi Pacar Selingkuh!

Pernahkah Anda terbangun dari sebuah mimpi buruk yang terasa sangat nyata? Salah satu mimpi buruk yang kerap dialami oleh orang yang memiliki pasangan adalah mimpi pasangannya berselingkuh. Sebenarnya, apakah arti mimpi pacar selingkuh? Haruskah Anda merasa khawatir dan curiga pada pasangan karena mimpi Anda?

Arti Mimpi Pacar Selingkuh Menurut Psikologi

Mimpi memang kerap dianggap sebagai bunga tidur. Namun faktanya secara psikologi, ada kaitan antara mimpi yang Anda alami dengan hubungan yang Anda jalani sesungguhnya. Menurut analis mimpi Quinn Loewenberg, mimpi pacar selingkuh adalah yang paling umum dialami oleh kliennya. Meskipun kerap membuat Anda merasa kesal saat bangun, mimpi ini sebenarnya bisa mengungkap masalah mendasar dalam hubungan Anda yang tidak bisa diperhatikan ketika Anda sedang sadar.

Dr. Fran Walfish, seorang pakar hubungan dan psikoterapis mengatakan bahwa mimpi memang bukan sebuah prediksi melainkan metafora dan simbol untuk konflik yang sedang Anda perjuangkan, pahami dan selesaikan. Bagaimana perasaan Anda di dalam mimpi adalah kunci perasaan Anda di kehidupan nyata.

Perlu diingat bahwa alih-alih fokus tentang bagaimana peristiwa perselingkuhan yang muncul dalam mimpi, Anda sebaiknya mencoba mengidentifikasi tentang sumber perasaan tersebut karena itu bisa mengungkap banyak hal tentang keadaan emosi Anda. 

Penyebab Utama Mimpi Pacar Selingkuh

Ilustrasi gambar pasangan yang sedang pacaran

Meski bukan sebuah prediksi, mimpi bisa memberitahu Anda lebih banyak hal tentang apa yang Anda rasakan. Ada beberapa hal yang bisa menyebabkan munculnya mimpi ini antara lain:

Anda Pernah Diselingkuhi Sebelumnya

Mimpi diselingkuhi pacar karena Anda pernah mengalami hal yang sama sebelumnya adalah sesuatu yang wajar. Jika seorang mantan pernah menyelingkuhi Anda di masa lalu, mimpi buruk ini mungkin menjadi indikasi bahwa Anda takut pasangan yang sekarang akan melakukan hal yang sama. Ketakutan ini akan terbawa pada kehidupan nyata dan bisa mengganggu hubungan Anda yang sebenarnya. Karena itu, ada baiknya membicarakan ini dengan pasangan untuk membuat Anda lebih tenang.

Anda Pernah Berselingkuh

Tidak hanya pernah diselingkuhi, seseorang yang pernah selingkuh sebelumnya juga mungkin akan mengalami mimpi buruk yang sama. Ini karena Anda merasa khawatir bahwa pasangan saat ini akan melakukan hal yang sama seperti yang Anda lakukan di masa lalu.

Perasaan Insecure dalam Hubungan

Apakah Anda pernah merenung dan berpikir bahwa hubungan Anda dengan pasangan saat ini mungkin tidak berhasil? Atau Anda merasa pasangan tidak merasa bahagia dengan Anda. Kekhawatiran berkelanjutan semacam ini ternyata menjadi penyebab yang paling mungkin seseorang mengalami mimpi pacarnya berselingkuh. Perasaan insecure di dalam otak Anda akan berubah menjadi skenario terburuk yang muncul di dalam tidur.

Meskipun bukan hal yang mudah, cobalah untuk berdiskusi dengan pasangan Anda. Ungkapkan apa yang membuat Anda merasa tidak tenang dan insecure dalam hubungan yang Anda jalani. Dari sini, Anda dan pasangan bisa melakukan sesuatu yang dapat memperkuat hubungan alih-alih membiarkan mimpi itu semakin membuat Anda tidak percaya diri.

Overthinking

Overthinking atau pikiran yang berlebihan mengenai pasangan juga bisa menyebabkan seseorang mengalami mimpi buruk diselingkuhi. Overthinking bisa disebabkan oleh berbagai hal termasuk stres dan kecemasan dalam hubungan, perasaan insecure dan meragukan diri sendiri.

Emosi yang Tidak Stabil

Mimpi buruk secara umum bisa muncul karena emosi yang tidak stabil. Ini ditemukan dalam sebuah studi yang diterbitkan dalam SLEEP. Bukan hanya rasa takut dan khawatir, mimpi buruk termasuk mimpi pacar selingkuh bisa terjadi karena adanya rasa sedih, bingung hingga rasa bersalah.

Tidak Adanya “Trust” Satu Sama Lain

Mimpi pasangan selingkuh memang tidak selalu berarti bahwa mereka seperti itu di dunia nyata. Namun, ini adalah pertanda bahwa Anda tidak memiliki kepercayaan penuh terhadap pasangan dan hubungan Anda.

Dilansir dari Bustle, Chris Brantner, seorang trainer sains tidur bersertifikat mengatakan bahwa mimpi buruk dihipotesiskan sebagai pelepasan emosional. Jadi, mimpi pacar selingkuh kemungkinan berhubungan dengan ketakutan mendalam yang Anda miliki yang berasal dari kurangnya ‘trust’ dalam hubungan.

Pola dan Cara Komunikasi yang Kurang Baik

Ketika Anda bermimpi pasangan selingkuh, artinya Anda membutuhkan komunikasi yang lebih baik dengan pasangan. Bersikap terbuka mengenai ketakutan Anda secepatnya bisa mencegah munculnya ketegangan lain dalam hubungan yang sesungguhnya. Ketimbang curiga atau merasa khawatir dengan hal-hal yang belum tentu benar, lebih baik bicara dengan dewasa dan jujur agar hubungan bisa berjalan dengan lebih baik.

Kurangnya “Quality Time” Bersama Pacar

Kurangnya quality time dalam sebuah hubungan bisa memunculkan berbagai perasaan dan pikiran dalam benak Anda. Selain kurangnya waktu untuk saling bercerita dan berbagi, rasa khawatir kemungkinan akan muncul terkait pasangan Anda. Pertanyaan-pertanyaan seperti: “Apakah pacar saya tidak menemui orang lain selain saya?” atau “Apakah semua yang dia katakan lewat telepon dan pesan itu benar?” akan menjadi pemicu munculnya mimpi buruk dalam tidur Anda.

Jika Anda merasa mulai kehilangan waktu dengan pasangan, bicarakan segera. Temukan cara terbaik agar Anda tetap bisa menghabiskan waktu bersama secara rutin. Selain untuk mencegah munculnya pikiran buruk tentang pasangan, quality time akan membantu Anda membangun hubungan yang lebih baik.

Belum Adanya Kejelasan dalam Hubungan

Mimpi pasangan selingkuh bisa terjadi pada fase apa pun dalam hubungan. Baik dalam masa pendekatan, awal pacaran, pertunangan bahkan pernikahan. Namun jika ini terjadi di awal seperti masa pendekatan, itu mungkin terjadi karena Anda merasa belum aman karena tidak ada kejelasan dalam hubungan. Ini bisa juga terjadi ketika Anda maupun pasangan masih belum tahu akan dibawa ke mana hubungan yang Anda jalani. Jika Anda mengalami mimpi ini terus menerus dan mulai merasa terganggu, ada baiknya segera bicarakan dengan pasangan Anda.

Cara Mengatasi Mimpi Pacar Selingkuh

Mimpi tentang pasangan yang tidak setia mungkin akan membuat Anda merasa resah. Tapi, jangan sampai Anda hanya menyalahkan dan mengambil kesimpulan begitu saja hanya dari mimpi. Apalagi menuduh pasangan melakukan hal-hal yang Anda lihat dalam mimpi.

Cobalah untuk melihat ke dalam perasaan Anda sendiri. Mungkinkah pikiran buruk itu berasal dari rasa insecure dan perasaan takut dikhianati yang ada dalam diri Anda?

Ini mungkin terdengar mudah untuk dikatakan. Tapi ketika Anda bertanya kepada diri sendiri tentang apa yang mungkin menyebabkan otak dan alam bawah sadar Anda merasa tidak percaya pada pasangan itu penting untuk menemukan akar masalahnya. Pada akhirnya, hal ini bisa membantu Anda menemukan hal-hal yang kurang sehat dalam hubungan alih-alih memperburuk rasa cemas dalam diri Anda.

Itulah beberapa arti mimpi pacar selingkuh. Jadi, jangan menganggapnya hanya sekedar bunga tidur, ya!

Post Tagged with ,

Leave a Reply

Your email address will not be published.