Jasa Sewa Detektif Swasta, Apa Itu dan Gimana Cara Kerjanya?

Saat membaca novel atau menonton film Hollywood, Anda sering menjumpai karakter yang menawarkan jasa sewa detektif swasta. Banyak orang beranggapan kalau profesi ini hanya ada di cerita fiksi. Namun, tahukah Anda kalau profesi serupa bisa pula Anda temukan di Indonesia dan bisa dimanfaatkan oleh siapa saja.

Apa yang Dimaksud Detektif Swasta?

Ilustrasi gambar seorang detektif swasta

Minimnya pengetahuan masyarakat umum tentang layanan jasa detektif swasta di Indonesia memang cukup wajar. Apalagi, profesi ini memang sangat unik dan tidak semua orang dapat melakukannya. Dalam menjalankan tugasnya, seorang detektif swasta punya tanggung jawab dalam melaksanakan aktivitas investigasi sesuai dengan permintaan klien. 

Investigasi seperti apa? Pilihannya sangat beragam. Anda dapat memanfaatkan layanan jasa sewa detektif swasta untuk menyelesaikan kasus yang bersifat personal maupun bisnis. Seorang detektif swasta mempunyai keahlian tinggi dalam mengumpulkan bukti dan kemudian merangkainya menjadi sebuah fakta yang bisa dipertanggungjawabkan. 

Perbedaan Detektif Swasta dengan Polisi

Kegiatan penyelidikan atau investigasi memang menjadi tanggung jawab petugas kepolisian dalam upaya mengungkap sebuah kasus. Lalu, bagaimana dengan detektif swasta? Apakah mereka mempunyai tugas serta tanggung jawab yang sama kalau dibandingkan dengan seorang polisi? 

Ada 3 perbedaan mendasar antara pihak kepolisian dengan lembaga yang menyediakan jasa sewa detektif swasta, yaitu: 

Status

Perbedaan pertama adalah status kelembagaan. Polisi merupakan abdi negara yang dapat menjalankan proses investigasi dengan memperoleh perlindungan hukum. Dengan begitu, petugas kepolisian dapat melakukan penyelidikan dengan aman. 

Situasinya yang agak berbeda dihadapi oleh detektif swasta. Upaya investigasi yang dilakukan seorang detektif swasta di Indonesia tidak mempunyai perlindungan atau payung hukum. Oleh karena itu, para detektif swasta menjalankan tugasnya dengan penuh kehati-hatian. 

Jenis Kasus yang Ditangani

Detektif swasta juga mempunyai perbedaan dengan petugas kepolisian dari aspek jenis kasus yang mereka tangani. Kepolisian biasanya menangani kasus yang berkaitan dianggap berpotensi menimbulkan keresahan masyarakat, misalnya pencurian, penipuan, perampokan, korupsi, dan lain semacamnya. 

Di sisi lain, detektif swasta menawarkan jasa investigasi dengan scope kasus yang lebih luas. Anda tidak hanya bisa memanfaatkan tenaga detektif swasta untuk mengumpulkan kasus yang berkaitan erat dengan tindakan kriminal. Namun, Anda bisa pula memakai jasa mereka untuk kasus perdata ataupun kasus yang sifatnya personal. 

Di Indonesia, penggunaan tenaga detektif swasta sering dilakukan untuk penanganan kasus yang sifatnya personal. Jenis kasus yang paling banyak ditangani detektif swasta adalah perselingkuhan. Meski, tak menutup kemungkinan Anda dapat juga menggunakan jasa detektif untuk mengungkap kasus penipuan, permasalahan bisnis, dan lain sebagainya. 

Proses Penyelidikan

Terakhir, Anda bisa mengetahui perbedaan detektif swasta dengan petugas kepolisian dengan memperhatikan cara kerjanya. Polisi mempunyai metode kerja yang cukup rumit. Hal ini tidak lepas dari struktur birokrasi yang kompleks. Setiap proses penyelidikan harus disertai dengan izin maupun perintah dari pimpinan. 

Karena struktur birokrasi yang kompleks, proses penyelidikan oleh pihak kepolisian biasanya memerlukan waktu cukup lama. Meski begitu, petugas polisi mempunyai keahlian yang memadai dalam menjalankan investigasi. 

Situasi yang berbeda bisa Anda dapatkan ketika menggunakan layanan investigasi dari detektif swasta. Detektif swasta mampu menjalankan proses investigasi secara lebih cepat. Investigasi dapat segera dilaksanakan setelah ada permintaan dari klien. 

Dalam menjalankan tugasnya, detektif swasta juga tetap memperhatikan metode penyelidikan yang penuh kehati-hatian. Setiap detektif juga telah memperoleh pembekalan tentang cara melakukan investigasi dengan benar dan efektif. Dengan begitu, mereka bisa mengumpulkan bukti yang sesuai dengan fakta serta keinginan klien. 

Harga Sewa Jasa Detektif Swasta

Sebagai lembaga penyelidikan swasta, Anda perlu menyediakan biaya tertentu ketika ingin menyewa jasa seorang detektif. Biaya jasa yang perlu Anda bayarkan bergantung dengan tingkat kerumitan kasus. 

Untuk kasus yang sederhana, nominal biaya berada di kisaran jutaan rupiah. Sementara itu, penyelidikan kasus yang mempunyai tingkat kerumitan tinggi dan sangat kompleks, bisa menghabiskan biaya mencapai ratusan juta rupiah. 

Anda mungkin berpikir, kenapa harga jasa sewa detektif swasta cukup mahal? Hal yang perlu Anda pahami, penyelidikan terhadap sebuah kasus tidak mudah. Selain itu, biaya operasional yang perlu dikeluarkan selama proses penyelidikan juga tidak sedikit. 

Dengan pertimbangan tersebut, harga jasa sewa detektif di Indonesia terbilang cukup murah. Tarif tersebut bisa dijangkau oleh masyarakat segmen menengah ke atas. 

Apakah Ada Jasa Sewa Detektif Swasta di Indonesia?

Ilustrasi gambar seorang detektif swasta

Pertanyaan ini sering muncul di pikiran banyak orang Indonesia. Jawabannya sederhana, ada. Bahkan, Anda bisa menemukan banyak pilihan lembaga yang menyediakan layanan ini. Oleh karena itu, Anda perlu cermat dalam menentukan pilihan. 

Hal paling penting yang harus Anda perhatikan adalah terkait keamanan data. Anda tentu tidak menginginkan data hasil penyelidikan jatuh ke tangan orang lain, kan? Apalagi, kalau data itu menyangkut kepentingan pribadi ataupun bisnis. 

Jadi, pastikan untuk memilih layanan yang terpercaya. Semoga bermanfaat. 

Leave a Reply

Your email address will not be published.