Kenali Sosok Private Investigator dalam Dunia Detektif, Yuk!

private investigator

Saat membaca novel atau menonton film tentang detektif, Anda bakal sering menjumpai istilah private investigator atau investigator swasta. Namun, apakah Anda benar-benar memahami pengertian serta tugas yang menjadi tanggung jawab seorang investigator swasta? 

Minimnya pengetahuan terkait investigator swasta di Indonesia memang cukup masuk akal. Masyarakat hanya sering menjumpai keberadaan investigator swasta melalui cerita novel atau film. Jarang orang yang mengetahui kalau layanan seperti ini bisa pula Anda temukan di Indonesia. 

Apa Itu Private Investigator?

Dalam pengertiannya, investigator swasta merupakan orang yang bertugas dalam melakukan investigasi terhadap sebuah kasus. Jadi, mereka mempunyai tugas untuk mengumpulkan informasi serta bukti yang selanjutnya bisa digunakan untuk penindakan hukum lebih lanjut. 

Karena bukan menjadi bagian dari kepolisian, investigator swasta tidak mempunyai kewajiban dalam melaksanakan penegakan hukum atau law enforcement. Sebagai gantinya, informasi maupun bukti yang dikumpulkan dapat diserahkan kepada pihak berwajib. 

Sejarah Private Investigator

Ilustrasi gambar tokoh detektif sherlock holmes

Aktivitas investigasi sudah ada sejak zaman peradaban Sumeria kuno. Selanjutnya, perusahaan investigasi pertama di dunia baru muncul pada tahun 1833 yang didirikan oleh prajurit Perancis bernama Eugene Francois Vidocq. Perusahaan investigasi swasta itu bernama Le Bureau des Renseignements. 

Keberadaan Le Bureau des Renseignements menjadi solusi atas ketidakmampuan lembaga berwajib dalam melakukan pekerjaan terkait investigasi. Layanan investigasi pun mulai banyak digunakan oleh orang-orang dari kalangan atas. Selanjutnya, layanan seperti ini pun meluas dan bisa dijumpai di berbagai negara. 

Tugas Seorang Private Investigator

Profesi seorang investigator swasta dibarengi dengan berbagai tugas dan tanggung jawab, di antaranya: 

1. Menyusun Perencanaan Investigasi

Seorang investigator swasta mempunyai tanggung jawab dalam menyusun rencana investigasi yang akan dilakukan. Perencanaan ini sangat penting, untuk memberi jaminan kepada klien bahwa proses investigasi bisa berjalan lancar tanpa ada hambatan berarti. 

2. Penyelidikan dan Pemantauan Target

Tugas selanjutnya dari seorang investigator swasta adalah melaksanakan proses penyelidikan serta pemantauan target. Dalam prosesnya, investigator akan mengikuti setiap aktivitas target sepanjang hari. Di waktu yang sama, investigator juga menjalankan tugasnya secara sembunyi-sembunyi sehingga tidak diketahui oleh target. 

Melalui upaya tersebut, investigator bisa mengetahui secara jelas aktivitas harian yang dilakukan oleh target. Penyelidikan dan pemantauan ini dilakukan tanpa ada batasan tempat dan waktu. Investigator bisa melaksanakan tugasnya saat target berada di rumah, kantor, atau tempat tongkrongan favorit. 

3. Mengumpulkan Data

Saat melakukan pengintaian dan penyelidikan, investigator harus membekali diri dengan berbagai jenis peralatan. Tujuannya adalah agar proses pengumpulan data bisa dilakukan secara lengkap. Data lengkap sangat penting untuk memberi kepuasan kepada klien. 

Lalu, data lengkap seperti apa yang perlu dikumpulkan oleh seorang investigator? Data tersebut cukup beragam, meliputi data dalam bentuk foto ataupun video. Dengan begitu, investigator bisa memperoleh bukti yang sulit dibantah. 

4. Penyampaian Laporan

Tugas yang tidak kalah penting adalah menyampaikan laporan kepada klien secara lugas dan akurat. Investigator perlu melampirkan laporan yang bisa dengan mudah dipahami oleh klien. Selain itu, mereka juga bisa mengungkapkan kesimpulan akhir dari aktivitas pengintaian dengan berdasarkan pada bukti-bukti riil yang sudah didapatkan. 

Jenis Layanan Private Investigator

Berkaitan dengan tugas-tugasnya, Anda bisa menggunakan layanan investigator swasta untuk berbagai keperluan, di antaranya: 

1. Jasa Pengintaian

Ilustrasi gambar seseorang sedang melakukan aksi pengintaian

Layanan jasa ini berguna ketika Anda ingin melakukan pengintaian terhadap target tertentu. Misalnya, Anda ingin mengetahui latar belakang seseorang yang akan diajak kerja sama bisnis. 

2. Detektif Perselingkuhan

Ada pula layanan sebagai detektif perselingkuhan. Layanan ini berkaitan dengan pencarian bukti ketika Anda menemukan indikasi pasangan yang selingkuh. Tenaga investigator akan melakukan pencarian bukti terkait aktivitas perselingkuhan tersebut. 

3. Layanan Konsultasi

Anda bisa pula memanfaatkan investigator swasta dalam bentuk konsultasi. Investigator mempunyai pengetahuan yang luas tentang berbagai permasalahan. Semua pengetahuan itu mereka dapatkan dari pengalaman dalam menjalankan tugas investigasi. 

Biaya Private Investigator di Indonesia

Lalu, seberapa besar biaya yang perlu Anda keluarkan untuk menggunakan layanan investigator swasta? Jawabannya bisa bervariasi, bergantung dengan jenis layanan yang ingin Anda gunakan. Selain itu, besaran biaya tersebut dapat pula meningkat seiring dengan tingkat kerumitan kasus yang dihadapi. 

Perbedaan Detektif Swasta dan Private Investigator

Setelah memahami secara lebih mendalam tentang investigator swasta, lalu apa yang membedakannya dengan detektif swasta? Kedua istilah ini mempunyai pengertian yang sama. Apalagi, detektif swasta sama-sama tidak mempunyai tanggung jawab dalam penegakan hukum. 

Nah, itulah penjelasan yang cukup mendalam terkait apa itu investigator swasta dan peran yang mereka miliki dalam menjalankan tugasnya. Kehadiran tenaga investigator bisa membantu Anda  dalam menyelesaikan berbagai permasalahan. 

Di Indonesia, tenaga investigator swasta paling sering digunakan untuk keperluan pengungkapan kasus perselingkuhan. Meski, tidak menutup kemungkinan kalau Anda bisa pula menggunakan jasa mereka untuk permasalahan lain. 

Post Tagged with , ,

Leave a Reply

Your email address will not be published.