Penting Buat Suami, Ketahui Penyebab & Ciri Ciri Istri Selingkuh

Perselingkuhan menjadi salah satu momok dalam sebuah pernikahan. Survei dari Just Dating memperlihatkan kalau kasus perselingkuhan di Indonesia menempati posisi kedua tertinggi di Asia Tenggara. Survei tersebut pun mengungkapkan kalau perempuan lebih rentan berselingkuh dibanding laki-laki. 

Mengaca pada fenomena tersebut, tidak ada salahnya bagi para suami untuk mengetahui ciri ciri istri selingkuh. Meski, tidak semua perselingkuhan dilakukan oleh seorang istri. Hanya saja, sebagai seorang pemimpin keluarga, Anda perlu menunjukkan sikap yang tegas saat mendapati adanya tanda-tanda perselingkuhan oleh istri. 

Ciri Ciri Istri Selingkuh Menurut Psikologi 

Ilustrasi gambar seorang istri sedang melakukan tindakan selingkuh

Lalu, apa saja ciri yang bisa dikenali dari pasangan, baik istri maupun suami, yang melakukan perselingkuhan? Ada 5 tanda yang perlu Anda kenali, yaitu: 

Sering Menghabiskan Waktu di Luar Rumah

Pasangan yang sering menghabiskan waktu untuk berbagai kegiatan di luar rumah memiliki peluang besar untuk berselingkuh. Aktivitas yang mereka lakukan bisa dipakai sebagai alasan untuk menjauhi pasangan. 

Seseorang yang selingkuh mempunyai kecenderungan tidak betah berdiam diri di dalam rumah. Alasannya, karena hal tersebut dapat memunculkan perasaan bersalah karena mereka telah mengkhianati pasangan. 

Perubahan Pola Tingkah Laku

Bercanda adalah salah satu upaya untuk mewarnai hubungan antara suami dan istri. Namun, situasinya akan berbeda ketika bercanda dengan istri yang selingkuh. Mereka akan cenderung mudah marah dan tersinggung ketika diajak bercanda. 

Menolak saat Diajak Hubungan Seks

Anda sering memperoleh penolakan saat mengajak istri berhubungan seksual? Tak menutup kemungkinan kalau itu adalah tanda istri selingkuh. Walaupun melakukan Anda berhasil mengajaknya untuk melakukan hubungan suami istri, tidak ada suasana intim yang muncul dari pasangan. 

Bersikap Dingin

Ciri selanjutnya adalah ketika istri atau pasangan terlihat menunjukkan perubahan sikap yang ekstrem. Istri yang selingkuh cenderung menunjukkan sikap dingin kepada suami. 

Terlalu Sibuk dengan Ponsel

Terakhir, Anda perlu waspada ketika sering mendapati istri yang sibuk dengan HP sepanjang hari, termasuk ketika menjelang tidur. Kemungkinannya, istri tengah berbalas pesan dengan pasangan selingkuh. 

Kenapa Banyak Istri yang Selingkuh?

Ilustrasi gambar seorang istri sedang melakukan tindakan selingkuh

Lalu, apa yang membuat seorang istri mempunyai kerentanan lebih tinggi dalam berselingkuh dibanding suami? Ada 5 alasan utama yang melandasinya, yaitu: 

Merasa Kesepian dan Terabaikan

Alasan pertama yang menjadi penyebab munculnya ciri ciri istri selingkuh adalah perasaan kesepian dan terabaikan. Hal ini sangat sering terjadi. Apalagi, ketika suami lebih sibuk dengan pekerjaan di kantor. Di sisi lain, Anda lupa kalau istri juga mempunyai tingkat kesibukan tinggi di rumah.

Istri tidak hanya bertugas dalam mengurus anak di rumah. Di waktu yang sama, mereka juga harus berkutat dengan berbagai pekerjaan rumah tangga, seperti memasak, bersih-bersih, dan lain sebagainya. Semua itu mereka kerjakan sepanjang hari tanpa ada batasan waktu seperti kerja di kantor.

Kurangnya Kasih Sayang dan Keintiman

Alasan selanjutnya adalah ketika istri kurang mendapat kasih sayang dari suami. Situasi ini dapat terjadi ketika Anda jarang mengajak istri untuk mengobrol. Selain itu, suami perlu pula menunjukkan bahasa cinta kepada istri, baik melalui lisan atau tindakan.

Bahasa cinta secara lisan bisa Anda tunjukkan dengan panggilan sayang atau ucapan rasa syukur karena sudah memperoleh pasangan terbaik. Selain itu, Anda bisa pula menunjukkan bahasa cinta dengan mengajak istri menghabiskan quality time bersama, memberinya hadiah, dan lain-lain.

Hasrat dan Kebutuhan Seksual yang Tidak Terpenuhi

Sebagaimana seorang suami, istri mempunyai hasrat serta kebutuhan seksual yang harus dipenuhi. Situasi ini bisa terjadi karena sikap egois seorang suami saat berhubungan seksual. Alhasil, istri berupaya mencari kepuasan seksual dari orang lain. 

Masalah Finansial

Faktor yang tidak kalah penting adalah kebutuhan ekonomi tercukupi. Apalagi, kondisi keuangan rumah tangga yang tidak menentu dan diperburuk dengan tumpukan utang yang menggunung. 

Hubungan yang Tidak Sehat / Toxic Relationship

Ciri ciri istri selingkuh bisa pula muncul karena disebabkan adanya toxic relationship dengan suami. Ada banyak tanda kalau Anda tengah mempunyai hubungan suami istri yang tak sehat, seperti ketergantungan terhadap pasangan secara berlebihan, merendahkan pasangan, kritik berlebihan, manipulasi, tindakan yang over protektif, dan semacamnya. 

Balas Dendam

Anda bisa saja mendapati seorang istri setia yang melakukan perselingkuhan. Situasi ini kemungkinan besar terjadi ketika mereka ingin balas dendam kepada suami. Apalagi, ketika istri mendapati kalau suami bermesraan dan bahkan telah melakukan hubungan seksual dengan wanita lain di luar rumah. 

Selingkuh adalah upaya mereka untuk menunjukkan kemarahan dan kekecewaan kepada pasangan. Dedikasi serta pengorbanan yang telah mereka lakukan dianggap sebelah mata oleh suami. 

Kekerasan Dalam Rumah Tangga/KDRT

Terakhir, ciri ciri istri selingkuh bisa muncul ketika mereka sering menjadi korban kekerasan dalam rumah tangga (KDRT). Sosok suami yang dianggapnya sebagai pelindung, tidak mampu menjalankan perannya dengan baik. Alhasil, istri mencari sosok lain di luar rumah yang sanggup melindunginya. 

Nah, itulah penyebab serta tanda istri selingkuh yang perlu Anda pahami. Semoga bermanfaat, ya. 

Post Tagged with , , ,

Leave a Reply

Your email address will not be published.