Site icon Detektif Nusantara

Tugas Bodyguard Bertaruh Nyawa Demi Pekerjaan

tugas seorang bodyguard

‘Keamanan klien adalah yang utama’ tampaknya kalimat ini bisa menggambarkan secara umum tugas seorang bodyguard. Untuk mewujudkan hal itu, tentunya ada banyak cara yang harus dilakukan oleh sang bodyguard. 

Nah, jika Anda penasaran dengan tugas-tugas dari seorang bodyguard, artikel ini bisa membantu Anda untuk lebih memahami profesi ini. Yuk, kita bahas seluk-beluk mengenai profesi ini!

Apa Itu Bodyguard/Pengawal?

Bodyguard, atau yang biasa disebut sebagai pengawal pribadi, merupakan sebuah pekerjaan yang memiliki tugas dan tanggung jawab utama untuk melindungi klien perseorangan maupun kelompok dari ancaman bahaya.

Biasanya, klien yang dilindungi biasanya merupakan ‘orang-orang penting’, alias orang dengan jabatan yang tinggi, selebritas, maupun konglomerat.

Pada umumnya, bodyguard atau pengawal bekerja di bawah naungan sebuah organisasi pemerintah maupun swasta. Jika dinaungi lembaga pemerintah, bodyguard memiliki tanggung jawab untuk melindungi kepala negara maupun pejabat-pejabat tinggi di lingkungan pemerintahan.

Lain halnya dengan bodyguard yang tergabung dengan lembaga swasta. Bodyguard yang tergabung dengan lembaga swasta biasanya memberikan jasa pengawalan pada klien perseorangan/kelompok, terlepas dari status klien tersebut sebagai pejabat pemerintah/bukan pejabat pemerintah. 

Sebagai contoh,  hakim pengadilan, CEO perusahaan, selebritas, dan pengusaha tambang biasanya menggunakan jasa bodyguard dari lembaga swasta ini.

Berbeda dengan security

Meski sama-sama bertugas untuk memberikan keamanan, profesi security cenderung hadir untuk menjaga keamanan lingkungan kerja beserta segala penyelenggaraan kerja di lingkungan tersebut. Berbeda dengan bodyguard, security tidak terus-menerus mengikuti klien untuk memberikan keamanan.

Persyaratan Jadi Bodyguard?

Pada dasarnya, tidak ada kualifikasi pendidikan khusus yang wajib dimiliki oleh seorang bodyguard. Hanya saja, orang yang dipilih untuk menjadi bodyguard memiliki karakteristik tertentu yang dapat menjadikannya sebagai sosok tepercaya untuk memberikan keamanan pada klien. Karakteristik-karakteristik tersebut misalnya:

Tugas Seorang Bodyguard

Apakah tugas seorang bodyguard hanya untuk menjaga keamanan klien saja? Secara garis besar, memang memberikan perlindungan dan keamanan merupakan tugas utama seorang bodyguard. Akan tetapi, pada penerapannya, bodyguard akan melakukan banyak hal untuk mewujudkan hal tersebut.

Sebagai contoh, ketika seorang bodyguard ditugaskan untuk melindungi artis yang akan mengadakan konser, maka tugas yang akan dilakukan bodyguard meliputi:

Nah, tentu tugas bodyguard yang sudah disebutkan jadi tidak relevan jika kliennya adalah seorang hakim yang bertugas mengadili perkara dua belah pihak yang berseteru. 

Secara garis besar, bodyguard diminta untuk memastikan agar sang hakim tetap aman baik sebelum persidangan, ketika persidangan berlangsung, hingga putusan pengadilan sudah ditetapkan. 

Akan tetapi, pada penerapannya, bodyguard tersebut perlu melakukan hal-hal berikut:

Biaya Rata-Rata Bodyguard

Untuk tugas-tugas dengan risiko yang besar tersebut, tak jarang banyak orang menjadi penasaran berapa tarif seorang bodyguard. 

Sebenarnya, tidak ada patokan khusus untuk biaya jasa seorang bodyguard. Jadi, biaya jasa seorang bodyguard tergantung pada kesepakatan agensi/lembaga yang menaungi para bodyguard-nya. 

Selain itu, tingkat kesulitan untuk kasus yang sedang ditangani tentu juga berpengaruh pada tarif jasa bodyguard. Semakin sulit penanganan keamanan yang dibutuhkan, semakin tinggi risiko yang diterima oleh bodyguard, dan semakin lama waktu yang dibutuhkan dari awal hingga akhir pengawalan maka semakin mahal juga tarif yang dipatok untuk jasa bodyguard tersebut.

Kesimpulan

Bodyguard merupakan profesi yang memiliki tugas dan tanggung jawab utama untuk memberikan pengamanan pada klien perseorangan/kelompok. Biasanya, bodyguard dinaungi oleh lembaga khusus yang berhubungan langsung dengan klien, mengatur pembagian kerja antar-bodyguard, dan mengelola pembayaran atas jasa bodyguard. 

Sebagaimana sudah disebutkan, tugas seorang bodyguard adalah untuk memastikan keamanan para kliennya baik klien perseorangan maupun kelompok. Akan tetapi, detail pekerjaan bodyguard ketika menghadapi satu klien mungkin akan berbeda ketika meghadapi klien lainnya. Demikian pula dengan biaya jasa bodyguard tarifnya bermacam-macam sesuai dengan tingkat kesulitan kasus yang ditangani.

Exit mobile version