Waspada Penipuan, Ketahui Cara Cek Rekening Penipu Praktis!

Tindak kejahatan bisa menimpa siapa saja dan kapan saja. Salah satu jenis aksi kriminal yang sering terjadi adalah penipuan. Kerugian akibat tindakan ini bisa sangat besar. Oleh karena itu, Anda perlu membentengi diri dengan bekal pengetahuan yang mencukupi. Salah satunya adalah terkait cara cek rekening penipu. 

Cara Cek Rekening Penipu

Ilustrasi gambar seseorang sedang melakukan pengecekan rekening penipu di laptopnya

Pengecekan terhadap rekening tertentu adalah metode yang cukup efektif dalam melindungi diri sendiri maupun orang sekitar dari tindak penipuan. Ada berbagai cara yang bisa Anda lakukan untuk melakukan pengecekan. Cara-cara tersebut di antaranya adalah: 

Cek Rekening Penipu via Cekrekening.id

Cara pertama yang bisa Anda lakukan adalah dengan memanfaatkan laman Cekrekening.id. Laman ini merupakan website yang secara resmi dikelola oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo). Dalam pengelolaannya, Kominfo bekerja sama dengan berbagai lembaga perbankan serta fintech di Indonesia. 

Melalui Cekrekening.id, Anda bisa memeriksa rekening bank ataupun digital wallet yang biasa digunakan oleh penipu. Cara pemeriksaannya mudah, Anda tinggal memasukkan data rekening atau wallet. Selanjutnya, Cekrekening.id akan menampilkan data terkait. Anda pun bisa pakai laman ini untuk melaporkan rekening yang terindikasi digunakan untuk penipuan.

Mengecek Rekening Penipu Lewat Kredibel.co.id

Selain menggunakan website milik Kominfo, Anda bisa pula memanfaatkan halaman serupa yang dijalankan oleh pihak swasta, yakni Kredibel.co.id. Kredibel telah menyediakan layanan pengecekan rekening penipu cukup lama, sejak tahun 2016 dan memenuhi standar serta persyaratan yang ditetapkan oleh Kominfo. 

Kredibel tidak hanya menyediakan fitur untuk cek rekening penipu secara online. Halaman ini bisa pula Anda manfaatkan untuk mengecek nomor telepon penipu. Sebagai tambahan, ada pula fitur terkait pelaporan tindak penipuan serta ulasan bisnis. 

Periksa Rekening Penipu Menggunakan Lapor.go.id

Solusi selanjutnya yang bisa Anda manfaatkan untuk melakukan pengecekan rekening penipu adalah halaman Lapor.go.id. Website ini telah dibangun oleh pemerintah secara khusus untuk menangani berbagai jenis laporan dari masyarakat. Anda bisa pula menggunakannya untuk melaporkan tindakan penipuan. 

Website Lapor.go.id memang tidak dilengkapi dengan fitur yang berkaitan dengan database rekening penipu. Namun, Anda dapat memanfaatkannya untuk melaporkan rekening yang digunakan oleh seorang penipu. Saat melakukan pelaporan, jangan lupa untuk melengkapinya dengan bukti pendukung yang kuat. 

Memeriksa Rekening Penipu Lewat Media Sosial

Cara terakhir dan tidak kalah efektif adalah dengan mengecek rekening penipu menggunakan media sosial. Ada banyak grup atau akun media sosial yang secara khusus membahas tentang penipuan. Salah satunya adalah akun Instagram @Indonesiablacklist. Akun ini telah beroperasi sejak tahun 2013 dan mempunyai pengikut sangat banyak. 

Anda perlu menjadi salah satu pengikut untuk bisa melihat postingan mereka secara lengkap. Selanjutnya, Anda dapat melakukan pengecekan terhadap data nomor penipu yang mereka cantumkan di halaman profil. Selain itu, ada pula pilihan lain untuk meminta informasi menggunakan Direct Message atau DM.

Bagaimana Cara Melaporkan dan Memblokir ATM Penipu?

Anda mungkin berpikir, kenapa rekening para penipu masih tetap bisa digunakan padahal mereka sudah terbukti melakukan tindakan penipuan? Alasan utamanya adalah karena tidak ada pihak yang melakukan pelaporan serta pemblokiran terhadap ATM atau rekening para penipu tersebut. 

Pelaporan melalui website yang telah disebutkan hanya sebagai basis informasi tanpa disertai tindakan lebih lanjut. Anda bisa saja melakukan pelaporan dan pemblokiran dengan tujuan agar tidak ada korban penipuan di masa mendatang. Bagaimana caranya? Tidak terlalu sulit. Anda hanya perlu mengikuti langkah-langkah sebagai berikut: 

Hubungi Pihak Bank yang Digunakan oleh Penipu

Anda bisa menghubungi bank dengan berbagai jalur komunikasi, seperti telepon, email, atau mendatangi kantor perwakilan mereka secara langsung. 

Siapkan Bukti Terjadinya Penipuan

Bukti tersebut tidak hanya mencakup bukti transfer, tetapi juga percakapan antara Anda dengan pihak penipu. 

Lengkapi Data Penipu

Tahapan yang ketiga adalah melengkapi informasi terkait penipu. Anda tentu sudah memperoleh data tentang nomor rekening serta nama pemilik rekening. Selanjutnya, Anda bisa melengkapi data tersebut dengan informasi pendukung seperti nomor telepon atau sarana yang dipakai untuk melakukan penipuan.

Lengkapi Persyaratan Pelaporan

Ada beberapa syarat dokumen yang harus Anda persiapkan saat melakukan pelaporan rekening penipu kepada bank. Tidak cukup dengan cara cek rekening penipu, Anda harus melengkapinya dengan kronologi penipuan, fotokopi identitas pribadi, surat permintaan pemblokiran rekening, serta surat keterangan laporan kepolisian. 

Tunggu Proses dari Pihak Bank

Kalau bank sudah menerima berkas laporan secara lengkap, mereka akan memprosesnya dan melakukan verifikasi. Kalau terbukti terjadi tindak penipuan, bank akan melakukan pemblokiran dan sekaligus mengembalikan dana yang telah Anda kirim kepada penipu. 

Nah, itulah upaya yang bisa kamu lakukan sebagai sarana perlindungan diri dari tindakan penipuan. Cek rekening penipu saja tidak cukup. Anda perlu melakukan tindakan lebih lanjut biar tidak ada korban lagi di masa mendatang. 

Semoga bermanfaat, ya. 

Post Tagged with

Leave a Reply

Your email address will not be published.